December 3, 2023
Sarasehan Sepak Bola Nasional di Surabaya

Sarasehan Sepak Bola Nasional di Surabaya

Ratu Tisha, selaku Wakil Ketua Umum PSSI menyampaikan hasil kesepakatan Sarasehan Sepak Bola Nasional yang digelar di Surabaya pada Sabtu, 4 Maret 2023. Salah satunya hasilnya yaitu mengenai kepastian jadwal pertandingan dan perizinan yang terpusat untuk musim depan. Sarasehan digelar dengan mempertemukan pengurus PSSI dan perwakilan klub Liga 1 dan Liga 2.

“Hasil kesepakatan ini adalah memberikan slot waktu yang eksklusif untuk Liga 1 dan Liga 2, Jadwal Liga 1 akan dimulai pada Juli 2023 dan berakhir pada April 2024, sedangkan Liga 2 dimulai pada November 2023 dan berakhir Juni 2024. Terkait perizinan pertandingan akan dipusatkan menjadi satu,” kata Ratu Tisha saat konferensi pers seusai Saresehan, Sabtu.

“Akan ada slot eksklusif untuk Liga 1 bermain sendiri, kemudian akan ada yang bermain bersamaan dan ada juga slot eksklusif Liga 2 bermain sendiri juga,” ujarnya.

Harapannya, menurut Tisha, bisa menjadikan kualitas kompetisi dan nilai komersial dari liga akan meningkat serta secara tidak langsung akan berdampak positif bagi pembinaan Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

“Termasuk kesejahteraan bagi klub-klub Liga 1 dan Liga 2,” kata mantan sekjen PSSI era Iwan Bule tersebut.

Selain itu, Ratu Tisha juga mengatakan bahwa PSSI akan membentuk team project management officer untuk membuat detail regulasi kompetisi liga.

“Tim tersebut akan melakukan pendetailan secara lebih rinci hal-hal apa yang dibutuhkan di dalam regulasi, baik di Liga 1 maupun Liga 2,” katanya.

Sementara itu, CEO Persebaya Azrul Ananda selaku peserta sarasehan, mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir atas terselenggaranya diskusi yang melibatkan klub liga 1 dan liga 2 dalam menentukan kebijakan penyelenggaraan kompetisi.

“Saya baru enam tahun berada di dunia sepak bola tidak seperti yang lain yang hadir di sini, tetapi saya baru pertama kali diajak untuk memikirkan sepak bola kita. Teman-teman mungkin tahunya Persebaya ngomel,” kata dia.

Sejak November terlebih saat Konferensi Luar Biasa (KLB) PSSI kemarin, kata dia, klub Liga 1 sudah sering berkomunikasi dan keinginannya sama agar sepak bola Indonesia makin maju.

“Dan sekarang kita punya ketua umum yang paham betul apa yang harus dilakukan dan dibutuhkan untuk menuju yang kita mau itu,” ujarnya.

Dengan begitu, menurut Azrul, dirinya dan klub-klub lain saat ini sudah memiliki roadmap untuk menuju sepak bola Indonesia yang lebih baik.

sumber: tempo

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *